Oleh: pinjambuku | 23 September 2007

N.H. Dini dan Pondok Baca Anak-Anak Yogyakarta

N.H. Dini dan Pondok Baca Anak-Anak Yogyakarta

N.H. Dini adalah sastrawati yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Karya-karya prosanya, cerpen dan novel, berderet menjadi untaian bacaan yang bernas menyuarakan jiwa kaum perempuan dan berbagai pesona interaksi multikultural. Tak aneh, pengarang kelahiran Semarang, 29 Februari 1936 yang kiprah kepenulisannya sudah dimulai sejak 1950-an ini pernah tinggal dan melanglang buana di berbagai belahan dunia, antara lain Kobe, Pnom-Penh, Manila, Detroit, dan berbagai kota di Prancis dan Australia.


Ada banyak karya N.H. Dini yang tercatat sebagai karya-karya unggul dalam sejarah sastra Indonesia, misalnya: Pada Sebuah Kapal (1972); Namaku Hiroko (1977); seri cerita kenangan, antara lain: Sebuah Lorong di Kotaku (1978) dan Sekayu (1981); kemudian Hati yang Damai (1998); kumpulan cerpen Dua Dunia (2002); dan novel terbaru Dari Parangakik ke Kampuchea (2003). Ia juga menerjemahkan karya-karya asing ke dalam bahasa Indonesia, misalnya Sampar, terjemahan novel La Peste karya penulis besar Albert Camus.


Lain dari itu, kiprah penting N.H. Dini ini adalah kegiatannya di bidang pendampingan minat baca anak-anak. Semenjak 1986, perhatian N.H. Dini banyak tercurah pada taman bacaan yang didirikan dan dikelolanya, yang diberi nama Pondok Baca N.H. Dini. Taman bacaan anak-anak ini tidak hanya menyediakan buku-buku, tetapi juga memberikan arahan bacaan buku-buku yang baik, diskusi, dan kepenulisan.


Pondok Baca N.H. Dini bermula di Kampung Sekayu, kampung halaman dari N.H. Dini, yang juga banyak diungkap dalam karya seri kenangannya. Beberapa kali berpindah dan mengungsi, antara lain karena bencana tanah longsor, taman bacaan ini menjadi embrio bagi banyak pendirian taman bacaan serupa, antara lain dalam pendirian perpustakaan SD di wilayah Kupang Timur.


Dalam perjalanannya, Pondok Baca N.H. Dini ini akhirnya bermukim di Kota Pelajar Yogyakarta. Dengan sebuah upacara sederhana, pada Sabtu, 26 Juli 2003 lalu, Pondok Baca N.H. Dini resmi bermukim di Graha Wredha Mulya, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Dalam acara perkenalan diri itu, taman bacaan ini mengajak para tunas-tunas bangsa belajar dan mengembangkan diri melalui buku. Pondok Baca N.H. Dini juga memperkenalkan program pelatihan dan pendampingan di bidang pustaka dan bahasa, khususnya untuk anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Berbareng dengan acara ini, di Toko Buku Gramedia Sudirman Yogyakarta juga diselenggarakan bursa buku koleksi lengkap karya N.H. Dini, yang sebagian hasil penjualannya didonasikan ke Pondok Baca N.H. Dini. Selamat, Ibu Dini! [Goen]

Matabaca, Vol.2/No.1, September 2003

About these ads

Responses

  1. haaaiiii…salam kenal…aku penggemar berat nh.dini lho..hampir 10 lebih karyanya pernah saya baca. walau saya hanya pinjam dari perpus sekolah&perpus kota, tapi dari situ saya mulai sangat mengagumi beliau.pengen sih ketemu langsung dengan beliau tapi belum kesampaian…hehehehe…dah y…kita bisa komunikasi lewat fs kan….dadaaa…

  2. baru pertama baca nh dini. terpukau mampus! itu kata yang paling tepat.seandainya guru bahasa indonesia gw gk nyuruh2 baca novel sastra,mungkin nama nh. dini bakal cuman jadi nama sekedar nama yang kata banyak orang karyanya manteb2. tapi ini keluar dari mulut gw. gk ada kata nyesel baca karya dia. jagoan! mantab!

  3. shes the best!

  4. novel karya nh.dini sangat menyentuh,mampu menggambarkan keadaan sekitar secara diskriptif

  5. novel karya nh dini sangat menggugah mental aku untuk selalu punya semangat mandiri dan berkarya biar hidup lebih berarti

  6. sukses deh buat ibu NH DINI
    btw..aku bkan NH DINI aku juga bukan GOLA GONG
    aku hanyalah seorang pemuda dusun yang pingin juga bisa berbuat sesuatu untuk memajukan pendidikan anak, melalui Taman Baca Anak yang aku kelola beserta keluarga.
    namun saat ini masih sangat sederhana dan koleksi bukunya masih kurang mencukupi, karena minat baca anak-anak di dusun kami mulai lumayan bagus.
    untuk itu kami masih membutuhkan bantuan buku-buku anak baik baru maupun bekas untuk melengkapai koleksi buku kami
    kunjungi blog kami di:
    sanggarharaanmulia.blogspot.com
    sanggarharapanmulia.multiply.com
    FB : slankidschool@yahoo.com

  7. Kagem Ibu NH DINI
    Ibu saya boleh mengajukan permohonan bantuan buku anak untuk menambah koleksi Taman Baca kami bu..
    Taman Baca kami memang masih sederhana, menempati pondok bambu, memiliki 1 rak buku, mengoleksi 200an judul buku.
    Namun Bu..minat baca anak-anak di dusun kami sangat luar biasa, sehingga kadang-kadang mereka sampai berebut pinjam satu judul buku yg sama.

    terimakasih atas perhatiannya

    wassalam

    maspoer

  8. ibu maaf kalau sdaya mengganggu saya ingin menjadi penulis seperti anda tapi aku bingung harus bagai mana memulai nya tapi aku sangat butuh bantuan anda dan tolong di bheri tahu cara nya…..

  9. entahlah, siapapun yg baru-baru, seberapa laris pun novel mereka, belum ada yg mengalahkan Dini di mataku…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: