Oleh: pinjambuku | 23 September 2007

Oka Rusmini: Patiwangi

Patiwangi
Oka Rusmini

Bentang Budaya, Yogyakarta
Cetakan I: Juli 2003; x + 196 halaman

 

Patiwangi adalah kumpulan puisi tunggal pertama Oka Rusmini, di luar beberapa antologi yang dipublikasikan secara terbatas. Terbagi atas tiga bagian, buku ini memuat 113 sajak, mulai dari sajak-sajak berpenanggalan 1990 sampai dengan 1998. Buku ini merepresentasikan kepenyairan Oka Rusmini, yang namanya lebih banyak berkibar sebagai penulis prosa, lewat novel Tarian Bumi dan Kenanga, dan kumpulan cerpen Sagra. Patiwangi adalah upacara yang dilakukan terhadap perempuan bangsawan di Pura Desa untuk menghilangkan kebangsawanannya, karena menikahi laki-laki yang berkasta lebih rendah. Ambilan istilah tersebut sebagai judul buku ini menyaran pada tema dominan dalam karya-karya Oka Rusmini, baik dalam puisi, cerpen, ataupun novelnya, yakni perlawanan terhadap patriarki dan adat-istiadat yang menindas kaum perempuan.

***
Jurnal Puisi, No. 11-12-13, Tahun 2003


Responses

  1. saya salah satu pembaca setia karya oka rusmini hanya tinggal bukunnya yang berjudul patiwangi yang saya belum miliki dan sangat kesulitan sekali mencarinya…mohon bantuan teman teman untuk bisa mendapatkan buku tersebut terima kasih

  2. saya suku membaca tulisan oka rusmini. Mbak Oka rusmini apa masih ingat dengan aku, yang pernah KKN di desa Pemecutan Kelod tahun 1990. Kalau masih ingat denganku tolong aku beri e-mail? Trims banyak atas jawabannya.

  3. sya sbg org bali sangat senang membaca novel kenanga. namun pada beberapa kalimat dalam novel tsb anda menampilkan citra buruk ttg sistem kasta di bali (itu menurut saya).

  4. sya sbg bukan org bali,sangat terkesan dengan karakter-karakter yg ada dalam tarian bumi,terutama pada luh dalem ibu dari luh kenanga dan ibu luh kenten yang saya lupa namanya,mereka dengan rela dan tanpa mengeluh menjalani hidup dengan tulus&rasa syukur.luar biasa… jaman sekarang sudah jarang orang seperti mereka…

  5. Dear mbak oka sy pasti nya org indonesia tp dr jawa tepat SBY…tp sy sdh tnggl di bali (Sanur) selama 17th dan sy mungkin dari salah satu penggemar terberat novel2 mbak oke sampai2 sy pernah tlp ke redaksi jawa post yg di SBY minta nmr tlp mbak oka mereka kasih tp saya tidak pnya keberanian untuk menelpon mbak oka mungkin sy sdh terlambat dg buku2 yg terdahulu terutama Sagra n Patiwangi mungkin udh belasan kali saya cr di toko buku di seluruh bali tp mereka bilang gak ada sampai saya tlp keponakan saya yg ada di Sby untuk mencarikan buku yg saya ingin kan yg sy sebut kan di atas…kalo mbak oka berkenan dimana saya bisa mendapat kan buku tsb…??? saya mohon dg sangat mbak oke balas email saya


Tinggalkan Balasan

Kategori

