Oleh: pinjambuku | 27 April 2011

Tentang Waktu dan Hal-Hal yang Tak Penting Itu

betawi hari ini,

ketika ada hujan dan mesti berangkat ke pabrik seperti biasa, lalu minum kopi seperti biasa, sambil nongkrong dan ngobrol tak jelas dengan sesama buruh yang tak jelas, dan semacam itu….

pagi2 bangun kesiangan karena liat bola sampai pagi. tapi kalo kesiangan kan bukan bangun pagi2 ya? apalagi kalo liat bolanya sampai pagi, berarti tidak tidur tapi bangun… eh, bangun atau terjaga ya? lho, kalo terjaga kan artinya kita lagi tidur trus terbangun, itu istilah terjaganya bener. kalo dari sore tidak tidur sampai pagi nunggu bola, artinya bukan terjaga tapi begadang… ah, jadi ingat lagunya bang rhoma: begadang jangan begadang, kecuali ada artinya, liat bola dan menang jagoannya… itu baru bener! yang gak bener kalo pake taruhan, itu judi namanya: judi! Jreeet! meracuni keimanaaaan…. Judi! Jreeeet! meracuni kebenaraaaaan….

iki arep nulis opo to, lung?

aslinya mau nyoba nulis yang suka2 saja. inspirasinya dari blog http://semogalekassembuh.blog.com yang ngawur tapi lucu, yang jadinya menghibur itu. nemu blog ini dari twitter, yang @UpdateBlog yang kasih info artikel baru di banyak blog. twitter memang bikin sibuk, karena kalo lagi nganggur jadi tergoda untuk liat twitter… kadang2 kalo lagi sibuk trus bete juga sama, liat twitter. jadi, twitter ini memang jadi bikin nggak jelas: tulisannya supersingkat, supercepet ganti, superbanyak yang mbacot yang pada supersokpenting bahkan untuk hal yang paling supertakpenting….

eh, balik lagi ke yang tadi, yang nulis suka2 tadi lho, aslinya ada kang pidi baiq yang lebih top dengan nulis suka2. tapi kang pidi baiq ini kayaknya nulisnya sama sekali tidak suka2, hasilnya saja kelihatan suka2, dibacanya bikin tertawa, tapi kalo dibaca serius isinya sama sekali tidak suka2, tapi malah superserius itu… beda sama si semogalekassembuh ini. nulisnya memang suka2, isinya juga suka2, hasilnya juga suka2, kalo dibaca juga suka2 yang baca, mau suka2 dan tertawa atau malah sama sekali tidak suka tapi manyun sudah menghabiskan waktu itu…

nah, rasanya ini nulisnya sudah menghabiskan waktu banget, karena tidak jelas maunya apa, hasilnya juga tidak jelas… eh, tapi sebenarnya waktunya tidak habis, sih. mana bisa waktu dihabisi. waktu yang bisa menghabisi kita–misalnya pas ujian, lagi berjuang keras mikir jawaban, eh waktunya menghabisi murid2 bodoh yang tidak budiman karena tidak menghormati guru dan sayang teman–hormatnya cuma sama bendera, sayangnya cuma sama pacarnya!

yang paling ngeri, kalo waktu menghabisi umur kita. sudah tidak kasih tahu kalo sudah datang waktunya–datang dari mana ya? kita juga tidak bisa berkelit. mati ya mati. sudah. selesai.

eh, kita mati juga tetep sama: waktu tidak menghabisi kita, apalagi kita kehabisan waktu… kata kitab2 suci, kalo kita mati, kita dikasih waktu untuk menunggu hari perhitungan–nunggunya di kuburan, serem! sudah itu, kalo waktu nunggunya sudah selesai, kita dikasih waktu untuk menerima imbalan dari semua tindakan kita selama dikasih waktu selama hidup di dunia. kalo waktunya dihabiskan untuk berbuat baik, kita dikasih waktu yang tidak terbatas untuk ngapain saja di surga. kalo waktunya dihabiskan untuk berbuat tidak baik, kita dikasih waktu yang tidak terbatas untuk diapain saja di neraka.

oleh karena itu, kita sudahi saja obrolan gak jelas ini. segeralah melakukan sesuatu yang jelas–eh, yang jelas kok sesuatu sih? pokoknya, segeralah mempergunakan waktu yang ada untuk berbuat baik atau berbuat tidak baik, biar jelas nanti kita akan menghabiskan waktu di surga atau di neraka. coba, kalo kita tidak berbuat yang jelas, di akhirat kita mau dikasih waktu di mana? mosok, di dunia sudah pusing, di sono juga pusing juga? gak asyik banget, kan?

sudah sore ini….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: